Sabtu, 31 Maret 2012

Karawitan khas Kota Wonosobo (Ekstra Kulikuler SMP N 1 WONOSOBO)


Ini dia, sebuah budaya baru yang sedang  dikembangkan di kota Wonosobo melalui Ekskul Karawitan Khas Wonosobo. Tepatnya di sebuah SMP unggulan di kota Wonosobo (SMP N 1 Wonosobo). Siapa sangka di zaman modern ini masih ada pihak - pihak yang peduli akan kebudayaan daerahnya. Bahkan mengikut sertakan beberapa  Siswa / Siswinya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Wah, pastinya sebagai generasi Muda Kota Wonosobo kita patut berbangga atas budaya baru tersebut.
Meski baru saja dirintis tahun 2011/2012, Ekskul Karawitan khas ini dapat dibilang cukup sukses.Bayangkan saja, siswa dan siswi yang tertarik untuk mengikuti ekskul ini cukup banyak, sehingga dilakukan pengurangan jumlah peserta oleh pembina ekskul tersebut.
Dan... alat musik karawitan yang saling dipadukan  dan diatur dengan instrument yang bagus, maka terciptalah musik khas yang sangat merdu dan selaras. Sejauh ini, para siswa / siswi yang bertugas sebagai penabuh sudah mulai handal untuk memainkan instrumen musik karawitan khas ini.
Tujuan / Fungsi dari musik Karawitan Khas Kota Wonosobo ini yaitu sebagai pengiring tari tradisional Wonosobo dan sebagai pengiring dalam acara Pensi SMP N 1 Wonosobo yang dilaksanakan di Akhir Tahun. 

1 komentar:

  1. Makasih Tiecha atas kunjunganmu di blog eko hastuti. Tapi maaf, blog yang itu kurang aktif hanya ada satu postingan saja. Silakan kalau sempat mampir di blog :http://ekohastuti-ayomenulis.blogspot.com/ Wah, blogmu bagus, Tiecha! Ayo tambah terus pengetahuan tentang Wonosobonya. Tulisanmu tentang karawitan saya copas ya mau saya masukkan majalah EKSIS SPENZA, biar dibaca adik-adik kelasmu. Pasti tulisanmu bermanfaat. Makasih

    BalasHapus