Selasa, 20 Maret 2012


SI RENYAH BERKELAS
Siapa tahu makanan khas Kota Wonosobo yang dibuat dari Singkong, rasanya gurih, biasanya berbentuk bulat dengan toping kucai, dan cara memasaknya digoreng?
Hemm.. daripada teman – teman bingung, ayo kita baca artikel berikut ini! J
OPAK
Mungkin teman – teman pernah mendengar kata “OPAK”. Opak, merupakan salah satu makanan khas Kota wonosobo yang  terbuat dari Singkong  yang direbus,  diselip, dipipihkan dan dijemur.Belum lama ini opak mendapat perhatian dari tingkat kabupaten, hingga tingkat provinsi. Siapa kira makanan yang berbahan dasar singkong ini bisa menjuarai beberapa ajang perlombaan hingga tingkat provinsi.
Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang didapat oleh salah satu pengrajin opak dari Desa Kalibeber,Beliau bernama Ibu Lailatin Afifah. Berkat usaha dari Ibu Afifah dan  Fatayat Muslimat kec.Mojotengah beserta KSU mojotengah, kini opak sudah mulai dikenal di kalangan luas.
Dibuktikan dengan Produk Ibu Afifah yang merambak hingga sekitar kota Wonosobo, klaten, bahkan Bali. Bukan hanya opak, ternyata ibu Afifah juga memproduksi bberapa produk lain seperti : keripik Carica, Brownies Singkong, Sagon kering, Wajik Kentang, Jipang Emping Dll.
Lalu bagaimana dengan Asal – Usul opak? Ternyata masyarakat di Desa Kalibeber, Kec. Mojotengah menjawabnya dengan kata “awalnya hanya coba – coba saja”. Lalu bagaimana kebenarannya? Hingga saat ini Asal – Usul opak masih belum jelas, namun faktanya opak memang sudah sejak dulu dibuat oleh masyarakat Desa Kalibeber.
Ada berapa jenis Opak di Wonosobo? Jenis opak di Wonosobo ada  4 macam  yaitu :
Ø Opak yang dibuat oleh masyarakat  Desa Kalibeber  ada 3 macam terdiri dari Opak Putih (tanpa pengawet), Opak Hijau (hijau : pasta pandan), Opak Merah (merah : Cabai asli).
Ø Bukan hanya di Desa Kalibeber  saja, ternyata di Desa Sapuran juga ada Opak, namun namanya unik yaitu Opak Ilat. Dalam bahasa jawa, ilat artinya adalah lidah. Opak ini disebut Opak ilat karena bentuknya yang seperti ilat atau lidah.
Harga opak pun cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp 6.000,00 / kemasan atau Rp 6.000,00 – Rp 10.000,00 / Kg.
Bagi teman – teman yang penasaran dengan cara pembuatan opak, maupun penasaran dengan rasa serta bentuk – bentuk opak, ayo segera berkunjung ke kota Wonosobo tepatnya di Desa Kalibeber dan di Desa Sapuran kab. Wonosobo.








2 komentar: